BOPM Wacana

Mahasiswa Tolak RUU KAMNAS dan RUU ORMAS

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Ridho Nopriansyah

Front Mahasiswa Sumatera Utara melakukan aksi tolak RUU Kamnas dan Ormas di jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (21/2). | Andika Syahputra
Front Mahasiswa Sumatera Utara melakukan aksi tolak RUU Kamnas dan Ormas di jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (21/2). | Andika Syahputra

BOPM WACANA — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Sumatera Utara (FROM SU) mengadakan aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan Nasional (Kamnas) dan Organisasi Massa (Ormas) di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut), Kamis(21/2).

Menurut Kibing, pimpinan aksi menjelaskan bila RUU tersebut berindikasi mempersempit ruang gerak masyarakat dalam menyampaikan aspirasi. Ia menilai RUU ini perlu dikritisi karena akan membungkam suara orang-orang kecil dan merampas kedaulatan rakyat. “Ini jelas melanggar Hak Asasi Manusia (HAM),” tegas Kibing.

Martin, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam aksimengungkapkan, RUU Kamnas akan berpotensi menimbulkanpelanggaran HAM dan bisa mengekang kebebasan serta demokratisasi. Apalagi dengan munculnya Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2013 semakin mengindikasikan kearah pembungkaman aspirasi masyarakat.

Sebelum menyampaikan aspirasinya di depan gedung DPRD SUMUT, FROM SU menggelar aksi kampanye kepada masayarakat untuk menolak RUU Kamnas di Bundaran SIB di Jalan Gatot Subroto. Kemudian dilanjutkan dengan aksi long march menuju gedung DPRD Sumut. Long march berakhir di Lapangan Merdeka.

FROM-SU sendiri terdiri dari aliansi Front Mahasiswa Anti Penindasa (Formadas), Kelompok Diskusi Aksi Mahasiswa (KDAS), Himupunan Mahasiswa Islam (HMI) FISIP USU, Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), Barisan Massa (Barmas), dan Front Mahasiswa Nasional (FMN).

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).