BOPM Wacana

KPU FISIP Rencanakan Pemilu Ulang

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Fredick Broven Ekayanta Ginting

Foto: Sofiari Ananda
Foto: Sofiari Ananda

BOPM WACANA – Terkait rusuh yang terjadi saat penghitungan surat suara gubernur dan calon gubernur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 6 Maret lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) FISIP rencanakan kemungkinan akan diadakan pemilu ulang. Rencana tersebut merupakan salah satu hasil yang disepakati dalam diskusi antara KPU, perwakilan calon dan wakil calon gubernur, bersama Pembantu Dekan II FISIP yang dilaksanakan Kamis 28 Maret lalu.

Ketua KPU FISIP M Ricky A Putra mengatakan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas (MPMF) akan segera dibentuk dengan berdasarkan hasil pemilihan Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM). Akan ditentukan KAM-KAM yang akan duduk di MPMF dan berapa kursi. Pembentukan MPMF tersebut akan dilaksanakan dalam rapat pleno yang difasilitasi oleh KPU. Ia menambahkan hasil penghitungan KAM yang dimenangkan oleh KAM Bisnis telah disepakati oleh seluruh perwakilan KAM. “KAM disahkan, nanti dikeluarkan SK-nya (surat keputusan –red),” tambah Ricky.

Lazimnya MPMF dibentuk bersamaan dengan terpilihnya gubernur, dan MPMF tidak dapat menggelar pemilu untuk memilih gubernur. “Karena situasi, harus dilaksanakan. Kita menghargai mahasiswa yang udahmemilih meskipun tidak terlibat langsung,” ungkap Ricky.

Mahasiswa FISIP Andry Anshari berpendapat sangat penting untuk diadakan pemilu ulang agar FISIP segera memiliki gubernur baru. “Sangat baiklah, karena kekosongan kekuasaan di FISIP berdampak buruk bagi mahasiswa FISIP,” kata Andry.

Sementara itu, Rafyq Alkandy mahasiswa FISIP lainnya menyayangkan kerusuhan yang terjadi di pemilu tersebut. “Jangankan membuat sebuah inovasi baru dalam kehidupan demokrasi kita, menjalankan sistem yang sudah ada pun tidak bisa,” ujar Rafyq.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).