BOPM Wacana

Kembangkan Musik Tradisi, Etnomusikologi Gelar Pentas Kreasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Debora Blandina Sinambela

Lima mahasiswa etnomusikologi memainkan gordang sambilan dalam acara Pentas Kreasi Etnomusikologi 2013 di FIB, Kamis (14/3). | Andika Syahputra
Lima mahasiswa etnomusikologi memainkan gordang sambilan dalam acara Pentas Kreasi Etnomusikologi 2013 di FIB, Kamis (14/3). | Andika Syahputra

BOPM WACANA  Di tengah berkembangnya musik-musik modern yang masuk ke Indonesia, musik-musik tradisi harus mampu berkembang supaya tetap diminati. Salah satunya dengan melakukan aransemen dan memadukannya dengan alat musik modern. Untuk itu Departemen Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menggelarPentas Kreasi Kamis (14/3) lalu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Friztian Richard.

Friztian menambahkan, menampilkan musik-musik tradisi yang sudah dikreasikan secara tidak langsung mengajak pendengar lebih mencintai musik asli Indonesia. “Para pemain punya pengetahuan, pendengarlah yang kita ajak memilih menikmati saja atau ikut mengembangkan,” ujarnya.

Beberapa musik tradisional Sumatera Utara seperti dari Batak Toba, Batak Mandailing dan Batak Pak-Pak hasil aransemen ditampilkan dalam Pentas Kreasi Etnomusikologi ini. Alat-alat musik tradisonal juga ditampilkan seperti Gordang Sambilan, Hasapi, Taganing, Garantung, Sulim dipadukan dengan alat musik modern.

Ketua Departemen Etnomusikologi Muhammad Takari mengatakan etnomusikologi harusnya tak hanya sebagai Departemen yang mengkaji musik sebagai kebudayaan namun harus mampu mengembangkan musik tradisi. Bahkan tak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan bisa memainkan dan menampilkannya.”Pentas Kreasi seperti ini bisa jadi wadah aplikasi dan kreasi mahasiswa yang mengusung berbagai etnik,”katanya.

Selain menampilkan musik tradisi, dalam acara ini juga ditampilkan tarian-tarian daerah seperti Sabe-sabe, Cikalapompong, Tari Rantak, Tari Cawan dan Tari Tandok. Linfia Purba, Mahasiswa Etnomusikologi menilai acara ini mampu jadi motivasi untuk mahasiswa etnomusikologiberkreasi mengembangkan bakat dan talenta dalam seni musik dan tari.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).