BOPM Wacana

FP Rencanakan Sistem Pratikum Baru

Dark Mode | Moda Gelap

BOPM WACANA | Fakultas Pertanian (FP) merencanakan sistem praktikum baru. Guna menunjang diberlakukannya sistem baru tersebut, lahan praktik yang terletak di sebelah Gedung Induk FP sedang digarap.

Hasanuddin, Pembantu Dekan I FP mengatakan tujuan diberlakukan sistem baru ini agar mahasiswa bisa melakukan praktik sesuai aturan. “Sekarang zaman mekanisasi, mahasiswa FP tidak harus susah payah mencangkul lagi. Meskipun ini bukan bagian dari modernisasi karena kita sudah tertinggal jauh,” ungkap Hasanuddin saat ditemui di kantornya pada Kamis (26/1).

Menurut Hasanuddin, sistem pratikum yang baru ini akan difokuskan pada penggunaan polybag, penyiram air otomatis dan tiga rumah kaca sebagai media pelatihan. Proyek ini diprediksi akan rampung pada akhir 2012. “Lahan tersebut akan ditanami pohon buah-buahan. Bibit-bibitnya diperoleh dari pihak sponsor dan alumni,” tambahnya lagi.

Adanya senioritas dan adu kekuatan antara asisten laboratorium juga menjadi alasan lain disepakatinya sistem baru ini. “Sistem baru ini diharapkan agar mahasiswa lebih menunjukkan diri sebagai intelektual pertanian bukan mental prajurit,” ujarnya.

Jamson Hasintongan Tampubolon, mahasiswa Depertemen Agroekoteknologi 2011 mengkhawatirkan mahasiswa akan dimanjakan dengan sistem baru tersebut. “Takutnya, mahasiswa tidak tahu lahan yang baik untuk ditanami dalam praktikum nanti,” katanya. (Audira Ainindya)

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).