BOPM Wacana

Dekan FE Dipilih Maret Ini

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Siti Alifa Sukmaradia

FEBOPM WACANA  Kekosongan kursi dekan Fakultas Ekonomi (FE) akan segera diisi pada Maret ini. Seperti yang diungkapkan Rektor USU, Prof Syahril Pasaribu pada Rabu (6/3). “Bulan ini akan segera ditentukan siapa dekan FE,” tuturnya. Pemilihan dekan dilakukan dengan teknik penjaringan dengan mempertimbangkan segala hal. Namun, merupakan hak prerogatif rektor dalam memilih siapa yang paling layak.

Prof Syahril menegaskan, sedang terjadi faksi atau perpecahan di kalangan petinggi FE, sehingga pengangkatan dekan FE baru bisa dilakukan pada Maret ini. Perihal perpecahan di dalam fakultas, iaenggan memberi keterangan lebih.

Perpecahan yang dimaksud adalah terbentuknya kubu-kubu pendukung calon dekan. Fahmi Natigor Nasution, Pembantu Dekan (PD) I FE menyampaikan, tersendatnya penentuan dekan FE akan memperparah kondisi internal. “Kalau ada faksi, turunkanlah bala bantuan. Ya contohnya dekan,” tandasnya (14/3).

Banyak mahasiswa yang sudah mengetahui perpecahan ini. Menurut Nisa Nasution, mahasiswi FE 2011, sedang terjadi perombakan di fakultasnya. “Pokoknya FE lagi hot tentang perombakan,” paparnya.

Sejak Dekan FE John Tafbu Ritonga tutup usia pada 5 November lalu, segala tanggung jawab dekan ditangani oleh pelaksana tugas (Plt) Arifin Lubis, yang juga menjabat sebagai PD II. Ia akan menjabat hingga dekan FE resmi diangkat nantinya. “Kalau saya menolak, sama saja menentang pimpinan (rektor –red),” ungkapnya (5/3). Pengangkatan Pltmemang merupakan hak prerogatif rektor, mengingat pentingnya posisi dekan yang merupakan penanggung jawab tertinggi fakultas.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).