BOPM Wacana

Akreditasi USU Tetap B

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Aulia Adam

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

BOPM WACANA | USU berhasil mempertahankan akreditasi B pada proses akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) 2013 yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berdasarkan surat keputusan (SK) BAN-PT tertanda tanggal 12 Februari 2013, USU berhasil meraih angka 321 untuk akreditasi yang dilakukan per lima tahun sekali ini. “Itu naik sikit lah dari yang sebelumnya,” papar Pembantu Rektor I Prof Zulkifli Nasution, Jumat (8/3).

Ditambahkan Prof Zulkifli, penilaian ini diperlukan demi menjaga eksistensi institusi pendidikan tinggi yang bersangkutan. Menurutnya mahasiswa USU tak perlu khawatir untuk berkuliah di USU setidaknya selama lima tahun ke depan. “Untuk bisa A, kita pikirkan lah nanti,” tuturnya.

Menurut situs resmi BAN-PT, USU berhasil mendapatkan nilai B bersama 22 perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN dan PTS) lainnya. Sementara Universitas Indonesia dan delapan PTN dan PTS lainnya meraih akreditasi A.

Prof Zulkifli berharap ke depannya USU dapat meningkatkan akreditasinya ke peringkat A. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh civitas akademika bekerja sama dalam hal tersebut. “Semoga nanti jurnal online-nya, IP kalian (mahasiswa –red) bagus dan cepat tamat biar bisa dapat A,” tambah Prof Zulkifli.

Setyadi, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2011 menilai baik perolehan akreditasi yang diraih USU. Kendati demikian, ia berharap selama lima tahun ke depan USU dapat berbenah ke arah lebih baik agar mendapatkan akreditasi A. “Bikin lah USU ini jadi tujuan orang-orang di Jawa sana, bukan cuma pilihan kedua bahkan untuk orang Sumut (Sumatera Utara -red) sendiri,” tambah Setyadi.

Proses akreditasi program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan.

Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi dan dikirimkan ke sekretariat BAN-PT.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).